Pesona Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken yang merupakan ikon pariwisata andalan Sulawesi Utara  berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 730/Kpts-II/1991 terletak di kawasan Taman Nasional Bunaken.  Taman laut di kawasan Teluk Manado dan berjarak sekitar 7 km dari Pelabuhan Manado ini pernah terpilih sebagai pemenang global dari British Airways Tourism for Tomorrow Award in 2003.  Ia juga menduduki peringkat ke-4 situs selam terbaik hasil survey Litbang National Geographic TRAVELER Indonesia.

Pesona Taman Laut Bunaken (Foto: gonjangganjing.com)

Sebagian besar wilayah pantainya terdiri dari hutan bakau dan pasir putih. Alam bawah lautnya menyajikan terumbu karang keras dan lembut, dinding karang yang terjal, serta beraneka bentuk dan warna biota laut yang membentuk taman laut nan indah.   Ribuan jenis ikan dan biota laut yang hidup di sana memang menjadikan keanekaragaman hayati (biodiversity) kelautan yang dimilikinya termasuk  salah satu yang tertinggi di dunia.

Nama Bunaken sendiri merupakan nama sebuah pulau  di kawasan itu yang lingkungan bawah lautnya memang terkenal mempesona dan menjadi sorga bagi para penghobi selam.   Pulau yang memiliki luas 8,08 km2 ini secara administrasi termasuk dalam wilayah Kecamatan Bunaken, Kota Manado.   Selain Bunaken, di kawasan taman nasional ini juga terdapat 4 pulau lain, yakni Manado Tua, Mantehage, Nain, dan Siladen.  Gugusan pulau-pulau itu beserta wilayah pesisir pantai Manado bagian utara, mulai dari Molas hingga Tiwoho (dikenal sebagai Pesisir Molas-Wori) termasuk kawasan Taman Nasional bagian utara.  Sementara bagian selatan kawasan taman nasional ini seluruhnya terdiri daerah pesisir antara Desa Poopoh dan Desa Popareng yang disebut Pesisir Arakan-Wawontulap.

Meskipun Taman Laut Bunaken secara total memiliki luas areal 75.265 ha, namun lokasi penyelaman (diving spot) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.  Tercatat di kawasan itu  terdapat sekitar 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken.  Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.  Titik-titik penyelaman dimaksud yaitu Lekuan 1, Lekuan 2, Lekuan 3, Fukui, Mandolin, Tanjung Paragi, Ron’s Point, Sachiko Point, Pangalisang, Muka Kampung, dan Bunaken Timur.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman itu berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut.   Menariknya, dinding-dinding curam (drop-off) sudah dapat ditemukan hanya beberapa meter dari lepas pantai Liang, Bunaken.  Dinding-dinding karang raksasa yang dijuluki underwater great walls, atau hanging walls ini berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Inilah salah satu dari sekitar 91 jenis ikan eksotis di Taman Laut Bunaken.  (Foto: http://www.dephut.go.id)

Di mata para hobiis selam, Bunaken adalah centerpiece dari kekayaan sumberdaya koral dan menjadi habitat bagi sebagian besar jenis ikan koral yang ada di Indonesia.  Selain terumbu karang yang tergolong sehat, biota laut seperti Napoleon wrasse (Cheilinus undulates), bumphead parrotfish (Bolbometopon muricatum), lepu ayam (Pterois VolitansP. Russeli), lepu batu, tuna, kerang raksasa Tridacna, kuda laut kerdil (Hippocampus bargibanti), karang (Cirrhipathes spiralis) dan ikan purba Coelacanth (Latimeria menadoensis) bisa ditemui di bagian dari kawasan Taman Nasional Laut Bunaken – Manado Tua (TNLB) ini.  Selain itu penyelam juga dapat menyaksikan hiu dan pari besar yang meliuk-liuk di sekitar dinding karang.

Menyelam memang merupakan cara terbaik bila ingin secara utuh dan jelas menikmati keindahan panorama bawah laut Bunaken.  Karena itu bila Anda penyelam professional, jangan lewatkan kesempatan menyelam bawah laut di sana.  Bila tak ingin menyelam bawah laut, dengan menyelam permukaan (snorkeling) pun keindahan bawah laut sudah dapat dinikmati.  Andaikan lupa membawa perlengkapan selam sendiri, jangan khawatir.  Sebab, di pulau itu tersedia tempat penyewaan alat-alat selam.

Meskipun Taman Laut Bunaken menjual pesona keindahan bawah laut, bukan berarti tak ada kesempatan bagi Anda yang tak suka menyelam.  Di sana telah  tersedia kapal jenis katamaran yang dirancang khusus buat Anda yang bukan penyelam.  Kapal ini dilrengkapi dengan semacam bak berdinding kaca yang posisinya langsung menempel di air.  Sehingga Anda pun bisa leluasa mengintip kehidupan alam bawah laut Bunaken.   Selain itu ada pula kapal selam Blue Banter yang akan memberikan pesona alam lebih maksimal meski tarifnya jauh lebih mahal dari kapal katamaran berdinding kaca.  Namun, untuk dapat menikmati fasilitas ini pengunjung tentunya harus merogoh kantung lebih dalam dibanding sekedar menyewa kapal katamaran.  Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Nasinal Laut Bunaken adalah pada bulan Mei sampai Agustus, dimana kondisi laut cukup teduh.

Pulau Bunaken dapat ditempuh  dengan kapal penumpang reguler dari Pelabuhan Manado, dengan kapal sewaan dari Dermaga Mega Mas, dengan kapal pesiar dari Marina Blue Banter di kawasan Mega Mas, atau dengan speed boat dari pelabuhan Nusantara Diving Center (NDC) di Molas.  Perjalanan dari pelabuhan Manado dan Mega Mas dengan kapal sewaan memakan waktu sekitar 0,5-1 jam, sementara dari dermaga NDC dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan speed boat.  Sedangkan Nain yang menjadi pulau paling utara  dan terjauh di kawasan taman nasional itu dapat ditempuh dalam waktu 1,5—2 jam dari Pelabuhan Manado.  (Fendy – dari berbagai sumber)

4 thoughts on “Pesona Taman Laut Bunaken

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s