Lomba Pidato Bahasa Tondano Berlangsung Sukses

Lomba Pidato Bahasa Tondano antar pelajar se-Kabupaten Minahasa yang digelar kemarin (3 Mei 2012) di SMA Negeri 1 Tondano dalam rangka melestarikan bahasa Tondano di kalangan generasi muda berlangsung sukses.  Kegiatan yang dikaitkan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei ini diprakarsai oleh group facebookers Belajar Bahasa Tondano bekerjasama dengan LSM Toudano Waya, KCSU, dan koran online Sulut Iptek. 
Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Minahasa pun memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini.   Menurut Noldy Sumenge, Kepala SMA Negeri 1 Tondano  dalam ucapan selamat datangnya, event ini sudah disetujui oleh Pemkab Minahasa untuk digelar setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.  Di samping itu Pemkab juga berjanji akan mengupayakan agar Bahasa Tondano menjadi muatan lokal dalam kurikulum sekolah-sekolah di Minahasa.
Kegiatan yang mengambil tema “Sa réi nikéi si padung séi mo tare” (Kalau bukan kita yang peduli siapa lagi) dengan sub tema: ‘Mewujudkan Siswa Yang Terampil Dalam Berbicara Bahasa Tondano’ ini berlangsung sejak pukul 10.30 WITA dan diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA.  Acara diawali dengan ucapan selamat datang oleh Noldy Sumenge, Kepala Sekolah SMAN 1 Tondano, dilanjutkan laporan ketua panitia Fentje Matheos, serta sambutan Bupati Minahasa diwakili Asisten 1 FD Loing yang sekaligus meresmikan acara.  
Materi yang dilombakan dipilih salah satu dari tiga topik, yaitu Mapalus, Pelestarian Bahasa Tondano, dan Pelestarian Bahasa Tondano.  Untuk peserta tingkat SD diberi waktu sebanyak 5 menit, sementara tingkat SMP dan SMA diberi waktu 10 menit.  Sebelum memulai pidatonya, para peserta harus menyerahkan naskah pidato kepada dewan juri yang diketuai oleh Drs Fendy EW Parengkuan MA dengan anggota Drs Dicky Wuner, Hendrik L Oroh, dan Ringgo Rawung. 
Para peserta memperebutkan  Piala, Piagam, Kamus Malayu – Indonesia – Toundano + Kosakata Bahasa Toundano Karangan B.J.D.A.G Dotulong serta hadiah uang Rp. 500 ribu untuk juara 1, Rp. 300.000 untuk juara 2 dan Rp. 200.000 untuk juara 3.
Berkat dukungan DR Fabian Manoppo dari Saga, Jepang dan menggunakan kecanggihan teknologi, acara ini pun dapat disaksikan dari seluruh penjuru dunia melalui internet di http://www.ustream.tv/channel/sulutiptek-tv.  Dengan demikian acara lomba ini tak hanya bisa disaksikan oleh penonton yang hadir di tempat pelaksanaan lomba saja.***

DAFTAR JUARA LOMBA PIDATO BAHASA TONDANO

Kategori SD:

Juara 1 :  Noel Saumana SD GMIM Seretan
Juara 2 :  Julian Sangian SD Negeri Tandengan
Juara 3 : Sevanya Lintuuran SD Negeri 2 Tondano

Kategori SMP:

Juara 1 : Feibi Sumakut SMP Negeri 3 Tondano
Juara 2 : Vanesa Sampow SMP Negeri I Eris
Juara 3 : Natanael Oroh SMP Negeri 3 Tondano

Kategori SMA:
Juara 1 : Putri Kapoh SMA Negeri 1 Tondano
Juara 2 : Exsel Pakasi SMA Negeri 1 Tondano
Juara 3 : Megi Rawung SMA Negeri 3 Tondano

======================================================

Tulisan Lain:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s