Kawanua Sedunia Akan Natalan di Manado

Berbahagialah Anda warga Kawanua yang sudah mematangkan rencana pulang kampung untuk merayakan Natal tahun ini di kampung halaman.  Sebab, suasana Natal tahun ini di Manado dan sekitarnya pasti akan benar-benar lain, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Pasalnya, Natal tahun ini akan bertepatan dengan digelarnya acara Bakudapa Kawanua Sedunia II di Manado.    Ratusan warga Kawanua yang saat ini berdomisili di berbagai negara di dunia dipastikan akan menghadiri acara yang akan berlangsung dari 19—30 Desember 2012.
Dalam rangkaian acara tersebut, panitia pelaksana yang diketuai oleh Vanda Rorimpandey itu telah mengagendakan beberapa lokasi yang akan dituju.  Yakni Batu Nona di Minahasa Utara, Bukit Doa Kakaskasen, menanam pohon di Gunung Mahawu, nonton Karnaval Natal di Sonder, Mountain Safari di Ranomuut dan sekitarnya, wisata ke Bukit Kasih Kanonang, serta  kunjungan ke pusat tenun Bentenan Sonder.   Puncak acaranya akan berlangsung pada 28 Desember 2012, yaitu pada ibadah Perayaan  Natal dan Bakudapa Kawanua Sedunia II yang akan dilaksanakan di Sutan Raja Hotel.
Menyambut warga Kawanua yang akan pulang kampung  itu, pihak pemerintah kabupaten/kota pun sudah merencanakan berbagai kegiatan.  Contohnya Tomohon yang akan menggelar berbagai pertunjukan.  Jalan raya Tomohon, mulai dari Tinoor sampai Sarongsong dan Kasuang, juga akan dihiasi lampu dan pernak-pernik Natal lainnya,   Sedangkan  Pemkab Minahasa Utara akan menggelar lomba menghias ornamen Natal, sehingga sepanjang jalan raya dari Kalawat sampai Kema dan Kauditan akan dihiasi ornamen Natal.  Selain itu, lampu-lampu Natal juga akan menghiasi  jalan-jalan kampung dan rumah warga, sehingga wilayah Minahasa Utara nantinya bakal bermandikan cahaya lampu Natal.
Kota Manado sendiri akan menggelar acara Christmas@Boulevard 2012.   Kegiatan itu  digagas IT Center bekerjasama dengan Pemkot Manado, Pemprov Sulut, Polda Sulut, Korem 131 Santiago, Mwalk, dan Manado Mag.  Beragam kegiatan rencananya akan digelar dalam acara yang akan dimulai pada 5 Desember nanti.  Di antaranya Parade Santa, Christmas Tree Competition, Vocal Group Competition, Christmas Food, Great Sale hingga konser.
Sementara di area Bandara Sam Ratulangi akan ditempatkan alat-alat musik etnis seperti musik kolintang dan musik bambu selama bulan Desember.    Alat-alat musik itu tidak sekedar pajangan belaka, tetapi akan menampilkan pertunjukan musik etnis yang akan melantunkan lagu-lagu Natal untuk menyambut para Kawanua dan tamu lainnya yang tiba di bandara internasional tersebut.   Sehingga suasana Natal di kampung halaman  sudah bisa terasa sejak pertama kali menjejakkan kaki di bumi Nyiur Melambai.
‘’Pokoknya tahun ini perayaan Christmas di Sulawesi Utara benar-benar tak akan pernah dilupakan. Warga Kawanua yang tidak sempat  pulang, tentu akan menyesal,’’ ujar Rorimpandey seperti dilansir  www.idmanado.com.
Acara Kawanua Bakudapa Sedunia tahun ini tercatat merupakan acara akbar kedua yang pernah dlaksanakan para Kawanua.  Sebelumnya acara serupa pernah digelar di Batu, Malang pada 8—14 Oktober 2011. Ketika itu acara yang dirangkaikan dengan kegiatan promosi seni budaya Minahasa bertajuk Gebyar Seni Budaya Minahasa itu dihadiri oleh ribuan warga Kawanua dari berbagai negara di dunia.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s