Alumni SMPP Negeri 29 Manado Akan Gelar Reuni Akbar

Salah satu kegiatan reuni lintas angkatan yang pernah digelar.

Salah satu kegiatan reuni lintas angkatan yang pernah digelar alumni SMPP Negeri 29 Manado.

Memanfaatkan momen pulang kampung di hari Natal dan Tahun Baru yang menjadi tradisi tahunan bagi sebagian warga kawanua di perantauan, alumni eks Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP) Negeri 29 Manado akan mengadakan reuni akbar lintas angkatan.  Menurut Nova Conda EL, salah satu panitia, reuni akbar ini akan digelar pada 29 Desember 2012 di  Diva Karaoke, Jl. Sam Ratulangi Manado.

Anda yang lahir setelah tahun 1985 mungkin tidak pernah tahu kalau di Manado pernah dibuka sekolah setara SMA bernama SMPP Negeri 29 Manado.  Pasalnya, sekolah yang didirikan berdasarkan SK  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  No. 0236/O/1973 tanggal 18 Desember 1973 dan diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 6 Juli 1973 itu akhirnya berganti nama menjadi SMA Negeri 7 Manado sejak 28 Oktober 1985 sesuai SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0353/O/1985 tanggal 9 Agustus 1985.  Siswa SMPP Negeri 29 Manado ketika itu dapat dikenali dengan mudah dari seragam yang dikenakan, yaitu putih – hijau khas SMPP, yang di pasaran dikenal dengan warna  ‘ijo pembangunan’.

Meski hanya sempat ‘hidup’ selama 13 tahun, namun SMPP Negeri 29 Manado yang memiliki  kurikulum SMA Plus itu pernah tercatat sebagai salah satu sekolah favorit di Manado.  Beragam prestasi pernah diukir para siswanya selama kehadirannya di Manado, baik di bidang olahraga, seni, maupun dalam dunia pendidikan.  Pernah merajai turnamen basket dan bola voli antar pelajar SLTA, lomba Cerdas Cermat tingkat SLTA.  Bahkan pernah meraih prestasi nasional melalui siswanya Asran Djibran yang menjadi Pelajar Teladan III Tingkat Nasional Tahun 1979 dan Selvie Tuwaidan yang menjadi  anggota Paskibraka Pembawa Duplikat Bendera Pusaka dalam Upacara HUT RI di Istana Negara pada 17 Agustus 1985.   Justin Sahadula dan Meiky Taliwuna yang pernah menjuarai lomba Bintang Radio dan Televisi Remaja se-Sulawesi Utara juga tercatat sebagai alumnus lulusan tahun 1986.   Bahkan Sion,  pelawak kawakan dan Lucky Tampilang, pelatih vokal yang lagi naik daun lewat bendera KBL juga adalah  alumni sekolah yang dahulu berlokasi di Jl Raya Koka – Teling Atas, Tingkulu, Manado (kini SMA Negeri 7 Manado) itu.

Banyak alumni dari sekolah ini telah menduduki posisi penting di dunia politik, pemerintahan, dan ABRI.  Di antaranya Marhany Victor Pua yang kini menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), Teddy Kumaat mantan Wakil Walikota Manado yang kini anggota DPRD Sulawesi Utara, Jefferson Rumajar (mantan Walikota Tomohon), dan Vonny Panambunan (mantan Bupati Minahasa Utara).  Juga ada Asran Djibran (Ka Divre Bulog DKI dan Banten), dr Wisje Rompis (anggota DPRD Sulut), Deisy Roring (anggota DPRD Manado), Ir Lucky Kiolol (anggota DPRD Minahasa Utara),  Ir Tonny Korah MSi (Kepala BKPMD Sulut),  Ir. Johanes Panelewen (Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut), Ir. Hendry Juuna (Kadis Perhubungan dan Pariwisata Prov. Gorontalo),  Drs Didi Syafei (Dirut PDAM Manado), dr Octavianus Papodi (Kadis Kesehatan Kab Sangihe), Tommy Massie SH (Kepala BPN Kab Talaud), dan diplomat Johannes Manginsela (mantan Sekretaris Pertama KBRI Rusia, kini Kasubdit Kerjasama Multilateral Badan Nasional Penanggulangan Teroris/BNPT).  Sementara di lingkungan ABRI dan Polri tercatat nama  Brigjen Petrus Golose (Direktur Penindakan BNPT), Brigjen Ronny Sompie (Karo Wasidik Bareskrim Mabes Polri),  Kol Inf  Tjaturputra Genah (mantan Dandim Gorontalo), Kol Psk Roland DG Waha (Asops Kopaskhas TNI AU), dan masih banyak lagi.

Menurut Meiske Kamagi, salah satu panitia, reuni yang dirangkaikan dengan perayaan Natal alumni ini diharapkan menjadi ajang temu kangen bagi para mantan siswa sekolah tersebut, dari angkatan I  masuk tahun 1973 hingga angkatan terakhir, masuk tahun 1985.  Semua akan hadir dalam satu predikat yang sama, yaitu sebagai sesama alumni SMPP Negeri 29 Manado, dan tidak melihat status sosial terkini para alumni, apakah dia pejabat, pengusaha sukses, karyawan, atau hanya golongan masyarakat biasa.  BRAVO SMPP NEGERI 29 MANADO.  SELAMAT BERKANGEN-KANGENAN.***

10 thoughts on “Alumni SMPP Negeri 29 Manado Akan Gelar Reuni Akbar

  1. @Nior Min.. kl alumni SMPP 29 terakhir lichting ’85 (werving ’82) berarti yg tamat ’88 (werving ’85) so jd Angk.I SMA 7 kaang..🙂

    • @Stevi Parengkuan… Makase so berkunjung di sini. Sekedar informasi bahwa SMPP 29 Manado berganti nama menjadi SMA Negeri 7 Manado waktu kita duduk di Kelas III Semester I (thn ajaran 1985/1986). Jadi torang pe angkatan adalah lulusan pertama SMA Negeri 7 Manado (di ijasah itu jelas tertulis) meskipun waktu maso tahun 1983 torang masih tercatat sbg siswa SMPP Negeri 29 Manado. Berarti, yg benar-benar siswa SMA Negeri 7 Manado sejak pertama mendaftar adalah siswa yang maso tahun 1986. Kalo yang maso tahun 1985 nyanda tau apakah didaftar sbg siswa SMA 7 Manado dari awal ato nyanda, soalnya SK berdirinya SMA 7 baru keluar di bulan Agustus 1985, khan awal tahun ajaran dimulai di bulan Juli. Torang pe angkatan juga so nyanda rasa tu seragam ijo pembangunan, karena so full pake putih abu-abu.

      • (maaf, mo koreksi tu nama do’, kalo Steve Parengkuan itu ex Dandim Bekasi, bkn nyaku telehh..). Berarti jls bhw angk I SMAN 7 Mdo dimulai dr tamatan 86. Terima ksh bny nior atas penjelasannya for torang adek2. Kalo bgtu yg kelar 2013 ini so angk XXVIII ya🙂 _stv91

      • grytha wilhelmintje. A. Karel, saya semalam tgl 12 September 2013 sudah ketemu Ose IPS 2 yang berteman dengan Tini Palit dll, kita asiiik membicarakan pertemuan selanjutnya karena kita semua kangen/rindu sekali ketemu dari sekian tahun merantau, ini rencananya kita mau ketemu tgl 14 Sept 2013 di Plasa Senayan Jakarta. Biar jo silaturahmi ini menjadi pengikat bagi kita yang merantau jauh.

  2. Terima kasih atas berita ini. Sebagai informasi, ada senior saya lulusan SMPP N 29 Manado tahun 1976, Brigadir Jenderal Polisi Drs. Robby Kaligis, mungkin bisa ditelusuri riwayat pendidikan beliau di SMPP N 29 Manado. Beliau saat ini sedang menjabat sebagai Irsus Itwasum Polri di Mabes Polri.Salam hormat buat para alumnus yang sudah tersebar di seluruh pelosok Indonesia.
    (Ronny F. Sompie, HP 08123038484, alamat email. rfsompie@gmail.com )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s